Kamis, 29 Desember 2011

Pentingnya Komunikasi Didalam Keluarga

Tema : Individu, Keluarga, dan Masyarakat


Kali ini saya akan membahas tentang pentingnya komunikasi di dalam keluarga.
Keluarga merupakan lingkungan sosial yang pertama dikenal kepada anak, atau dapat dikatakan bahwa seorang anak itu mengenal kehidupan sosial pertama-tama di dalam lingkungan keluarga.  Adanya interaksi antara anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya menyebabkan seorang anak menyadari akan dirinya, bahwa Ia berfungsi sebagai individu dan juga sebagai makhluk sosial.

Keluarga merupakan bagian terpenting dalam kehidupan saya. bagi saya keluarga merupakan pendorong, penyemangat, serta pemberi support dan motivasi kepada saya untuk menjalani hidup ini agar menjadi lebih baik selalu dalam senang atau pun susah. coba bayangkan kalau tidak ada satu keluarga pun di samping kita bagaimana..??
sedangkan kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.
keluarga adalah teman segala-galanya. teman yang menemani kita mulai dari kita hidup didunia ini sampai kita mati. betpa sayangnya ,mereka drngan kita, dan betapa sayangnya kita dengan mereka, itu semua tidak bisa di ukur leh apapun. mereka semua tulus sayang sama kita tanpa minta pamrih. apa ada keluarga yang meminta pamrih atas kebaikan yang telah di berikan kepada kita..??

Hidup kita tak lepas dari komunikasi. Komunikasi merupakan hal yang penting dalam hidup, kita tidak mungkin tidak berkomunikasi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Komunikasi adalah penyampaian pesan dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan), agar dalam penyampaian pesan kita dapat dipahami dan dimengerti haruslah tercapai "komunikasi efektif".

Dalam sebuah keluarga, komunikasi merupakan faktor penting dalam membina hubungan rumah tangga. Seorang istri harus mengerti cara berkomunikasi dengan suami, begitu pun sebaliknya. Komunikasi dalam rumah tangga tak hanya saat berbicara empat mata atau saat berkumpul dengan keluarga, pakaian dan parfum yang dipakai pun merupakan salah satu bentuk komunikasi, hal tersebut bisa menjadi pesan bagi sang suami, selain itu pasangannya pun harus pandai dalam menangkap dan menerjemahkan pesan yang diberikan.
Peran keluarga tentu sangat banyak dalam mendidik anak-anak Anda. Apakah anak remaja Anda telah siap memasuki dunia pacaran? Saat mereka menginginkan untuk belajar bagaimana caranya menyetir mobil mereka akan mendapatkan ijin dari Anda, tapi bagaimana dengan kencan? Bagaimana Anda dapat mengarahkan mereka ke jalur yang benar sebelum mereka memasuki "jalur cepat"?

Mengajarkan anak remaja Anda tentang kencan dan hubungan jauh lebih sulit dari sekedar mengajarkannya bagaimana mengendarai sepeda motor atau mobil. Ini adalah tentang memberikan pembinaan dan pengawasan sampai dia siap untuk berkendara sendirian. Dan disinilah peran keluarga dapat diterapkan pada anak-anak Anda.

Roda latihan" untuk berkencan
Tidak ada satu ukuran yang dapat cocok untuk semua kencan. Sebagai contoh, di negara-negara tertentu anak remaja diperbolehkan untuk belajar menyetir beberapa bulan sebelum usia 15 tahun dan mendapatkan SIM pada umur 16 tahun, namun tidak semua anak siap untuk itu.

Mengurangi "cedera" kencan
Untuk mencegah "cedera" kencan secara efektif tanpa harus menjadi orangtua helikopter yang melayang-layang di atas anak Anda, cobalah untuk memberikan tiga buah buku pada anak. Satu buku berisi tentang kencan, satu tentang perbedaan jenis kelamin dan satu lagi tentang uang. Anak remaja membutuhkan bimbingan, rambu-rambu dan garis batas agar mereka tetap aman. Kuncinya disini adalah bahwa orangtua tidak mengambil alih kemudi, namun berada di kursi penumpang. Bila Anda memiliki kendali terhadap rem, maka anak Anda tidak akan belajar bagaimana menyetir dengan aman untuk diri mereka sendiri.

Mengatur batasan
Orangtua adalah wali yang utama, orang dewasa yang bertanggung jawab untuk membuat parameter yang tepat untuk membantu membentuk perkembangan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Meskipun anak remaja berpikir bahwa mereka mengetahui segala sesuatu yang sebenarnya kita tahu namun mereka tidak tahu, serta ingin mendorong orangtua mereka keluar, sesungguhnya mereka memerlukan bimbingan orangtua.

Kencan di bawah pengaruh
Bila Anda menemukan anak remaja Anda meminum minuman keras dan menyetir, tanggapan Anda tentu mementingkan keselamatan yang lain juga, bukan hanya anak Anda sendiri. Sama halnya dengan berkencan. Apakah Anda akan menangguhkan hak istimewa mereka? Diharapkan Anda akan menyingkirkan anak remaja Anda yang nekat dari jalanan agar Anak Anda aman. Tentunya Anda juga berharap anak remaja Anda tidak muncul dalam keadaan mabuk pada pesta ulang tahun temannya.

Setiap remaja berbeda
Camkan bahwa setiap anak remaja itu berbeda satu sama lain, namun penting bagi Anda untuk memberikan mereka kunci. Pertanyaan terbuka merupakan salah satu kunci untuk mendekatkan diri satu sama lain. Siapapun yang menjawab pertanyaan akan mengambil alih kemudi. Idenya adalah untuk membantu anak remaja Anda berpikir untuk dirinya sendiri dan tidak bergantung pada jawaban Anda.

Oleh karena itu, disinilah peran keluarga diperlukan bagi perkembangan dan pendidikan bagi anak.

Di ambil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar