Kamis, 29 Desember 2011

Pengaruh Ilmu Pengetahuan Terhadap Kemiskinan


Tema : Iptek dan Kemiskinan

Berbicara tentang ilmu pengetahuan, kali ini saya akan membahas tentang pengaruh ilmu pengetahuan terhadap kemiskinan.

Bahasa “ilmu pengetahuan” sudah sering sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terdiri dari dua kata yaitu “ilmu” dan “pengetahuan” sedangkan Kemiskinan merupakan salah satu bentuk problema yang muncul dalam kehidupan masyarakat, khususnya pada negara-negara yang sedang berkembang. Kemiskinan yang dimaksud adalah kemiskinan dalam bidang ekonomi.

Ilmu Pengetahuan sangat erat kaitannya dengan Kemiskinan, karena dengan tidak ada Ilmu Pengetahuan maka sangat dekat sekali dengan yang namanya Kemiskinan dan Kemiskinan itu dekat juga dengan Kebodohan.

 Pengetahuan dapat di artikan adalah kesan dalam pemikiran manusia sebagai hasil penggunaan panca inderanya yang berbeda sekali dengan kepercayaan, dan penerangan-penerangan yang keliru.
Kemiskinan sendiri merupakan tema sentral dari perjuangan bangsa, sebagai perjuangan yang akan memperoleh kemerdekaan bangsa dan motivasi fundamental dari cita-cita masyarakat adil dan makmur.

Apakah ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan itu ?
Bagaimana kaitan antara perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kemiskinan ?

ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN

A. Ilmu Pengetahuan
 ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang tersusun dengan sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, yang selalu dapat diperiksa dan dikontrol dengan kritis oleh setiap orang yang ingin mengetahuinya. Jadi Ilmu Pengetahuan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, agar kita tidak merasa jadi orang yang bodoh dengan perkembangan zaman sekarang ini.

Dalam hidup ini, manusia selalu menggunakan ilmu pengetahuan untuk mempermudah kegiatan mereka. Ilmu pengetahuan selain tersusun secara sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran juga harus mengandung nilai etis dan moral. Yaitu bermakna, berarti atau berguna bagi kehidupan manusia. Pemanfaatan ilmu pengetahuan hendaknya didasari pada hal-hal yang asasi, untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Ilmu pengetahuan yang tidak dilandasi dengan etika dan moral hanya akan membawa penderitaan bagi orang lain. Karenanya, alangkah sangat bijaksana apabila manusia dapat memanfaatkan ilmunya untuk mempelajari berbagai gejala atau peristiwa yang mempunyai manfaat bagi manusia.
B. TEKNOLOGI
Teknologi adalah ilmu pengetahuan yang diterapkan ke dalam seni industri, oleh karenanya mencakup alat-alat yang memungkinkan terlaksananya efisiensi kerja menurut keragaman kemampuan. Dan di zaman sekarang ini sudah banyak yang mengunakkan teknologi-teknologi yang canggih yang bamyak di gunakan di perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia.
Adapun pengertian yang lainnya tentang teknologi, teknologi adalah pemanfaatan ilmu untuk memecahkan suatu masalah dengan cara mengerahkan semua alat yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan dan skala nilai yang ada.
Teknologi, selain menimbulkan dampak positif bagi kehidupan manusia, terutama mempermudah pelaksanaan kegiatan dalam hidup, juga memiliki berbagai dampak negatif jika tidak dimanfaatkan secara baik. Contoh masalah akibat perkembangan teknologi adalah kesempatan kerja yang semakin kurang sementara angkatan kerja makin bertambah, masalah penyediaan bahan-bahan dasar sebagai sumber energi yang berlebihan dikhawatirkan akan merugikan generasi yang akan datang.

C. KEMISKINAN
Kemiskinan merupakan salah satu bentuk problema yang muncul dalam kehidupan masyarakat, khususnya pada negara-negara yang sedang berkembang. Kemiskinan yang dimaksud adalah kemiskinan dalam bidang ekonomi. Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian dan tempat berteduh. Sudah banyak di Indonesia khususnya untuk rakyat-rakyat yang menengah kebawah, kemiskinan yang terjadi di negara Indonesia.
Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang tak terpisahkan dalam peranannya untuk memenuhi kebutuhan insani.
Ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang tersusun dengan sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, yang selalu dapat diperiksa dan dikontrol dengan kritis oleh setiap orang yang ingin mengetahuinya.
Teknologi adalah pemanfaatan ilmu untuk memecahkan suatu masalah dengan cara mengerahkan semua alat yang sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan dan skala nilai yang ada
Kemiskinan yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan.
Ada kaitan yang erat antara iptek dan kemiskinan yang dialami oleh masyarakat terutama pada negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.

Di ambil dari berbagai sumber.

1 komentar:

  1. bnyak orng yg berilmu tinggi di indonesia???? mengpa ilmumrka dibwt untuk memiskinkan bangsanya sendiri.... by bashori

    BalasHapus