Minggu, 04 November 2012

Komunikasi Dalam Organisasi 1


Bagi pemimpin organisasi, informasi sangat berguna dalam rangka pengambilan keputusan (decision making) yang cepat dan tepat. Agar pim­pinan dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat, selain membutuhkan informasi atau keterangan-keterangan yang objektif, pengiriman informasi harus dilakukan dengan cepat dan tepat dengan mempergunakan media komunikasi yang tepat pula.
Unsur-unsur Komunikasi
Komunikasi mengandung 5 unsur, yaitu:
1)      Komunikator (communicator), yaitu memberi berita, yang dalam hal ini adalah orang yang berbicara, pengirim berita atau orang yang memberitakan.
2)      Menyampaikan berita, dalam hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatakan, mengirim atau menyiarkan.
3)      Berita-berita yang disampaikan (messages), dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran.
4)      Komunikan (communicatee), yaitu orang yang dituju, pihak pen­jawab atau para pengunjung. Dengan kata lain orang yang menerima berita.
5)      Tanggapan atau reaksi (response), dalam bentuk jawaban atau reaksi.
Kelima unsur komunikasi tersebut merupakan kesatuan yang utuh dan bulat, dalam arti apabila satu unsur tidak ada, maka komuni­kasi tidak akan terjadi. Dengan demikian masing-masing unsur saling ber­hubungan dan ada saling ketergantungan. Jadi dengan demikian keber­hasilan suatu komunikasi ditentukan oleh semua unsur tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar