Bagi pemimpin organisasi, informasi sangat berguna
dalam rangka pengambilan keputusan (decision making)
yang cepat dan tepat. Agar
pimpinan dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat, selain membutuhkan
informasi atau keterangan-keterangan yang objektif, pengiriman informasi harus
dilakukan dengan cepat dan tepat dengan mempergunakan media komunikasi yang
tepat pula.
Unsur-unsur Komunikasi
Komunikasi mengandung 5
unsur, yaitu:
1) Komunikator
(communicator), yaitu memberi berita,
yang dalam hal ini adalah orang yang berbicara, pengirim berita atau orang yang
memberitakan.
2) Menyampaikan berita,
dalam hal ini dapat dilakukan dengan cara mengatakan, mengirim atau menyiarkan.
3) Berita-berita yang
disampaikan (messages), dapat dalam bentuk perintah, laporan, atau saran.
4) Komunikan
(communicatee), yaitu orang yang
dituju, pihak penjawab atau para pengunjung. Dengan kata lain orang yang
menerima berita.
5) Tanggapan atau reaksi
(response), dalam bentuk jawaban atau
reaksi.
Kelima unsur komunikasi tersebut merupakan kesatuan
yang utuh dan bulat, dalam arti apabila satu unsur tidak ada, maka komunikasi
tidak akan terjadi. Dengan demikian masing-masing unsur saling berhubungan dan
ada saling ketergantungan. Jadi
dengan demikian keberhasilan suatu komunikasi ditentukan oleh semua unsur
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar