Jumat, 09 Januari 2015

MOBIL GOOGLE TANPA AWAK



Sebuah inovasi baru dari Google yakni mobile tanpa awak atau Google Self-Driving Cars telah diujicobakan menyusuri jalan raya di seputar Nevada, Amerika Serikat.

Google Self-Driving Cars menempatkan alat sejenis radar laser yang diletakkan di atap mobil sebagai mesin pemindai. Radar ini memiliki fungsi untuk memindai pelbagai moda transportasi di jalan raya seperti : pejalan kaki, sepeda, motor, atau mobil. Tujuannya jelas, agar mobil auto-pilot ini bisa menghidarinya. "Driverless Cars" milik Google, mengandalkan kamera video, sensor radar, laser, dan database informasi yang dikumpulkan dari mobil yang digerakkan secara manual untuk membantu navigasi.

Google adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang membuat mobil yang dapat berjalan sendiri lainnya. Misalnya,  Nissan Motor Co, Volkswagen AG Audi dan Toyota Motor Corp. Sementara Nissan dan Mercedes - Benz Daimler AG berencana mulai menjual mobil yang mampu mengemudi sendiri pada 2020. 


Dalam waktu dekat teknologi mobil tanpa awak ini akan digunakan untuk tujuan komersial, misalnya panduan tur virtual. Mobil ini bisa diperintahkan untuk berangkat menuju lokasi tertentu dan kembali ke titik awal pemberangkatan.

Mobil canggih Google mampu melakukan hal ini berkat dua sensor yang mampu menganalisis kondisi jalan di sekitarnya. Beberapa kemampuan dasar yang dikuasai misalnya memilih jalan aman serta memandu langkah apakah harus berhenti atau bergerak. Langkah lainnya ialah menganalisis rintangan bergerak atau statis serta menentukan tindakan apa yang harus dilakukan. 

SUMBER:
http://teknopluslite.blogspot.com/2012/05/mobil-tanpa-awak-google-telah-diuji.html
http://www.tempo.co/read/news/2011/12/19/123372522/Google-Patenkan-Mobil-Tanpa-Awak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar