Minggu, 20 Oktober 2013

CINTA BAHASA INDONESIA


Kita sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya Cinta terhadap bahasa kita sendiri yaitu Bahasa Indonesia. Pada dasarnya Bahasa Indonesia sangatlah penting untuk digunakan dalam pembelajaran, seperti di sekolah-sekolah. Pertama masuk sekolah kita sudah belajar Bahasa Indonesia. Dalam lagu Satu Nusa Satu Bangsa, terdapat lirik Satu Bahasa Kita. Maksudnya disini yaitu Bahasa Indonesia. Namun dalam menggunakan Bahasa Indonesia haruslah dengan baik dan benar dan penggunaannya itu harus tepat.

Kenapa kita harus Cinta Bahasa Indonesia ?
Karena Bahasa Indonesia merupakan ciri dari negara Indonesia yang melambangkan kesatuan dan persatuan. Dari bendera Indonesia yaitu merah putih melambangkan merah artinya “berani” dan putih artinya “suci”.

Oleh sebab itu kita perlu menggunakan Bahasa Indonesia, kalau bukan dengan Bahasa Indonesia dengan apalagi kita mempersatukan bangsa.
Dengan seiringnya perkembangan zaman, bahasa Indonesia dalam penggunaan dan penulissannya sering salah atau tidak baku. Kita ambil  beberapa contoh dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang benar adalah :
1.
Singkatan a/n seharusnya a. n. (atas nama)
2. Goa pengaruh bahasa daerah, seharusnya gua
3. Resiko seharusnya risiko
4. Huruf besar  yang seharusnya huruf capital

Adapun contoh lain yang salah dalam penulisan kata yang seharusnya ditulis serangkaian, namun kadang-kadang ditulis secara terpisah yaitu :
1.      ada kalanya seharusnya adakalanya
2.      apa bila seharusnya apabila
3.      bagai mana seharusnya bagaimana
4.      bea siswa seharusnya beasiswa

Maka dari itu penggunaan dalam Bahasa Indonesia perlu diperhatikan. Karena Bahasa Indonesia digunakan untuk sehari-hari. Dan Bahasa Indonesia harus dijaga dan di pelajari lebih dalam lagi agar lebih mengerti. Oleh karena itu kita harus cinta bahasa Indonesia.
kalau bukan kita siapa lagi yang cinta bahasa Indonesia.

Faktor-faktor penunjang dalam penulisan yang baik dan benar:
  • Ragam Bahasa
  • Ejaan
  • Diksi
  • Kalimat
  • Alinea & Pembangunya
  • Kerangka Karangan
  • Kutipan & Catatan kaki
  • Abstraksi & Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar