Senin, 15 Desember 2014

Antarmuka Telematika


Pengertian antarmuka atau interface yaitu salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).
1.      Command Line Interface (CLI) 
Command Line Interface (CLI) yaitu tipe pengguna antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
2.      Graphical User Interface (GUI)
Graphical User Interface (GUI) yaitu tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat petunjuk (pointing device) seperti mouse atuat track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( Windows, Icon, Menu, Pointing device).
            Terdapat 6 macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fiturnya yaitu :
1.      Head Up Display System (HUD)
Head Up Display System (HUD) adalah sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat kearah yang lain dari sudut pandang biasanya. Awalnya HUD dibuat untuk kepentinganan penerbangan militer, tetapi sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraan bermotor dan aplikasi-aplikasi lainnya. Asal nama dari alat ini adalah pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen.
 

2.      Tangible User Interface
Tangible User Interface (TUI) adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.